Pages

5 Rumput hias paling banyak digunakan untuk taman

rumput golf
5 Rumput hias paling banyak digunakan untuk taman, bisa juga sebagai hiasan dekorasi tata ruang dalam suatu acara atau event, terdapat beberapa pilihan rumput  yang dapat digunakan sebagai hiasan antara lain:

  1. Rumput jepang atau rumput peking, rumput hias ini sangat bandel atau tahan, kelebihannya bisa ditanaman di daerah yang bermusim dingin, seperti eropa, dan negara barat lainnya. walaupun rumput ini akan mati bila tanpa sinar matahari seperti suasana musim dingin, jadi rumput akan mati terlebih dahulu ketia sinar matahari di musim panas datang rumput ini akan tumbuh dengan sendirinya. Kelemahan rumput ini harus dipangkas secara rutin
  2. Rumput Golf, rumput ini banyak digunakan di padang golf, ada juga rumput golf untuk lapangan sepak bola (bermuda/menila) memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding dengan rumput jepang, dan warna lebih hijau atau hijaunya lebih pekat, perawatan dan cara hidup sama dengan rumput peking atau rumput jepang, karena pada dasarnyar rumput ini satu keluarga
  3. Rumput gajah paitan, Kelebihannya rumput gajah paitan bisa tumbuh walaupun di tempat yang tidak subur, bisa berkembang biak dengan cepat, pertumbuhannya juga cepat, kuat terhadap sinar matahari langsung, juga bisa hidup dengan baik ditempat yang teduh dengan cahaya matahari kurang dari 40 persen, perawatannya adalah pangkas secara rutin, pemupukan dan penyiraman.
  4. Rumput gajah mini, kelebihannya bersifat mini, tida perlu dipotong atau dipangkas, perawatan mudah dan murah, kuat terik matahari langsung, dan kuat di tempat yang teduh.
  5. Rumput kucai mini, sebenarnya ini bukan rumput, tetapi keluarga dari opiopgon, bentuk visual mirip teki gulma bandel, kucai sangat kuat ditanam ditempat yang panas maupun sangat teduh sekalipun, tidak perlu di pangkas, mudah perawatannya.
Untuk event atau acara yang bernuansa kebun sering kita lihat tayangan di televisi dengan menggunakan material rumput sebagai ground cover, 5 rumput hias paling banyak digunakan untuk taman menjadi salah satu propertinya semisal pada event bertema sepak bola dll.