Pages

Kiara Payung-Fellicium Decipiens Tanaman Peneduh Yang Rindang

kiara payung
Kiara payung - Fellicium Decipiens sebagai tanaman Peneduh yang rindang sudah tidak diragukan lagi, apabila ditanam dalam sekala luas sebagai material taman untuk memperindah tata ruang perkotaan tanaman ini sangat cocok, bersetruktur kuat, dengan daun yang lebat dan berwarna hijau tua, sangat tahan terhadap terik atau panas matahari, berbatang sangat keras dan lebih kuat terhadap terpaan angin kencang.

Tanaman Kiara Payung Sebagai Tanaman Peneduh yang rindang

Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 5 meter, bahkan lebih, tetapi biasanya lebih stabil di ketinggian 5 m, sedangkan diameter tajuk bisa mencapa 10 meter, apabila ditanam di kanan dan kiri jalan raya perkotaan yang mana lebar jalan tersebut 12 meter, biasanya bisa menutupi badan jalan,

Beberapa kriteria pohon peneduh jalan yang baik adalah:

  1. memiliki kayu yang kuat,
  2. daunnya rimbun dan rapat serta tidak mudah gugur,
  3. cabang dan ranting tidak mudah patah,
  4. batang tegak  lurus dengan daerah bebas cabang di atas 3 meter,
  5. sistem perakaran  yang kuat dan dalam serta  tidak melebar sehingga tidak merusak jalan/saluran air.
  6. Selain itu, pohon peneduh jalan yang baik  tidak  menghasilkan getah beracun, tidak berduri, serbuk sari tidak menimbulkan alergi, tidak bersifat invasif (berbiak cepat dan mendominasi), 
  7. memiliki nilai estetika (keindahan) yang tinggi dan akan menjadi nilai tambah jika jenis pohon tersebut menjadi icon daerah atau identitas suatu propinsi.
Kiara Payung - Fellicium Decipiens sebagai pohon peneduh jalan memiliki banyak fungsi. Diantaranya
  1. sebagai kontrol visual, 
  2. pengarah angin, 
  3. mendinginkan suhu udara dan mengurangi kelembaban, 
  4. perlindungan dari terik matahari dan hujan, 
  5. penyaring polutan, 
  6. mengurangi kebisingan, 
  7. mencegah erosi, 
  8. sebagai habitat alami bagi hewan, 
  9. memiliki fungsi estetika   
  10. serta dapat menjadi ciri khas bagi suatu daerah.
Bibit kiara payung banyak dibudidayakan oleh patani pembudidaya tanaman hias, persediaan bibit biasanya sudah dikemas dalam polybag, dengan media tanam campuran tanah,pupuk dan sekam, untuk yang tinggi sampai 50 cm dikemas di polybag ukuran 25, sedangkan yang berukuran 1m sampai 1,5 m dikemas di polybag ukuran 35, sedang yang 1,5 m sampai 2 m dikemas di karung, sehingga sudah siap ditanam, sedangkan harga bervariasi, tetapi kisarannya untuk yang kecil Rp. 12.500,- yang sedang harga kisaran Rp. 75.000,- dan yang Tinggi 2 m kisaran Rp. 150.000,- sampai Rp.200.000,- tergantung besar batangnya. semakin besar batangnya harga tanaman kiara payung - fellicium decipiens semakin mahal.